4 Tips Memilih Bibit Jenis Kambing Pedaging Unggul

4 Tips Memilih Bibit Jenis Kambing Pedaging Unggul – Salah satu tujuan beternak kambing yaitu untuk mendapatkan daging yang lebih terjamin kualitasnya. Karena itu, Anda juga perlu memilih bibit jenis kambing pedaging unggul dengan baik.

Dalam kegiatan beternak kambing, tentu akasn selalu berkaitan dengan proses perkembangbiakan kambing. Agar proses perkembangbiakan berlangsung sukses, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari perawatan, hingga pemilihan bibit. Karena itu, mari kita simak beberapa tips memilih bibit kambing pedaging di bawah ini.

4 Tips Memilih Bibit Jenis Kambing Pedaging Unggul

Tips Memilih Bibit Jenis Kambing Pedaging Unggul

Secara umum, ada beberapa jenis kambing pedaging unggul yang bisa Anda pilih seperti kambing boer, kambing boerawa, kambing ekor gemuk, dan sebagainya. Untuk bisa mendapatkan bibit terbaik dari jenis kambing pedaging tersebut, berikut tipsnya!

1. Syarat Bibit Kambing Betina

Pemilihan bibit kambing betina yang baik dapat menentukan sifat hasil anakan dari kambing tersebut. Sebaiknya, pilih bibit yang berasal langsung dari peternak, memiliki ukuran badan yang besar, tapi tidak terlalu gemuk.

Selain itu, memiliki bentuk yang proporsional, dada dalam tampak lebar, bulu tampak bersih mengkilap, dan memiliki garis punggung dan pinggang yang lurus. Keempat kakinya tampak berdiri kokoh dan lurus, serta memiliki tumit yang tinggi.

Idelanya, bibit kambing betina memiliki usia lebih dari satu tahun dan telah birahi sejak usianya belum menginjak satu tahun. Tanda lain bibit ini unggulan yaitu memiliki bentuk dan ukuran alat kelamin yang nor,al, ambing tidak terlalu menggelayur, isinya kenyal, tidak berpenyakit, dan memiliki dua putting susu dengan ukuran dan posisi simetris.

2. Syarat Bibit Kambing Jantan

Selain bibit kambing betina, bibit kambing jantan juga harus dipilih dengan memenuhi beberapa syarat. Sebaiknya, pilih pejantan yang memiliki ukuran badan normal, mata tidak rabun apalagi buta, bertubuh panjang dan besar, memiliki kaki yang lebar dan kokohm dan terdapat benjolan tulang pada kaki.

Selain itu, bibit kambing jantan unggulan akan terlihat lebih lincah dan ganas. Ia juga mengalami pertumbuhan dengan relatif cepat. Jangan lupa perhatikan alat kelaminnya. Kambing jantan yang normal akan memiliki kelamin dengan bentuk simetris dan sering terlihat ereksi.

Tidak hanya itu, bibit jenis kambing pedaging unggul jantan juga harus berusia antara 1,5-5 tahun. Pilihlah jenis pejantan yang berasal dari kelahiran kembar dan dari bibit dengan jumlah anak lebih dari dua ekor. Pasalnya, jika kambing merupakan kelahiran tunggal kemungkinan nantinya ia pun hanya bisa menghasilkan 1 anakan saja.

3. Karakter

Bibit jenis kambing pedaging unggul akan memiliki ekspresi muka yang terlihat cerah, pandangan mata berseri, dan tenang. Umumnya, kambing jantan akan terlihat lebih agresif, sementara kambing betina akan memiliki yang lebih ramah, jinak, dan memiliki sifat keibuan. 

Selain itu, kambing betina yang unggul juga memiliki bentuk tubuh yang normal dan tampak berat pada bagian belakang tubuhnya. Ini merupakan tanda bahwa bibit hewan tersebut mampu menopang berat dari air susu yang dihasilkannya.

4. Seleksi

Dalam memilih bibit kambing pedaging unggul, Anda juga bisa melakukan seleksi dari riwayat reproduksinya. Anda bisa melihat catatan kemampuan reproduksi, timbangan berat waktu lahir, jumlah kelahiran, hingga beratnya saat disapih. 

Selain itu, ketahui juga kemampuan produksi induk jantan dan betina dari kambing tersebut serta saudara dari anak pejantan. Setelah itu, Anda bisa melakukan seleksi dengan memilih mana yang paling terbaik.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kami berikan dalam memilih bibit jenis kambing pedaging unggul. Anda juga bisa berkonsultasi dengan Pucuk Daun Lestari untuk mendapatkan bibit kambing unggul. Tidak hanya itu, di sana juga tersedia berbagai jenis kambing dan domba berkulitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top