Ciri Dan Harga Kambing Boer Lengkap

Ciri Dan Harga Kambing Boer Lengkap – Kambing boer adalah salah satu jenis kambing Afrika Selatan yang banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Petani banyak membudidayakan jenis kambing ini karena harganya mahal. Jenis kambing ini pun mampu beradaptasi dengan cuaca panas seperti di Indonesia. 

Melihat banyaknya peminat kambing ini, tidak heran jika banyak petani yang tergiur untuk membudidayakannya. Apakah Anda juga tertarik untuk membudidayakan kambing ini? Mari kenali terlebih dahulu ciri-cirinya melalui informasi di bawah ini.

Ciri Dan Harga Kambing Boer Lengkap

Ciri Kambing Boer

Boer dikembangkan di Afrika Selatan oleh peternak Belanda. Dalam bahasa Belanda, kata boer berarti “petani”. Kambing ini menjadi salah satu jenis kambing yang paling populer sebagai penghasil daging sejak mulai diternakkan pada tahun 1900-an..

Ciri-ciri kambing boer secara umum adalah berwajah lebar, panjang, dalam, berambut putih, berkaki pendek, berhidung cembung, telinga panjang menggantung, dan berwarna cokelat kemerahan atau cokelat muda sampai coklat tua. Kulit cokelatnya melindunginya dari kanker kulit yang disebabkan oleh sinar matahari langsung. Karena itu, tidak heran jika pada siang hari kambing ini senang berjemur.

1. Ciri Tubuh

Kambing jenis ini memiliki ciri khusus pada tubuhnya yakni berwarna putih dengan kepala berwarna cokelat yang khas. Beberapa jenis kambing ini memiliki tubuh berwarna coklat, putih, atau dicat dengan bintik-bintik besar berbagai warna di tubuhnya.

Boer juga memiliki tanduk, telinga yang panjang dan terjumbai seperti kambing nubia. Mereka jinak, tumbuh dengan cepat, dan memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. Jika dibandingkan dengan ras lain, dapat dikatakan bahwa kambing ini memiliki kualitas yang unggul.

Kambing ini bertambah berat badan dengan kecepatan yang sama dengan induknya. Jadi, secara garis keturunan, kambing ini terbukti cepat tumbuh dan berkembang biak sehingga bisa memberikan keuntungan yang cukup tinggi bagi peternak

2. Ciri Produksi

Ciri produksi dari kambing jenis ini kebanyakan sistem manajemen perkembang biakan yang cocok untuk kambing boer. Kembar adalah biasa, dengan kembar tiga dan kembar empat menjadi lebih umum. 

Kambing ini dapat memiliki berat badan 35-45 kg pada usia lima sampai enam bulan, dengan rata-rata pertambahan bobot badan 0,02-0,04 kg per hari. Jumlah susu yang dihasilkan oleh ibu dan ransum pakan harian menentukan variasi ini. 

Kambing jantan dewasa (umur 2-3 tahun) beratnya bisa mencapai 120-150 kg, sedangkan kambing betina dewasa (umur 2-3 tahun) beratnya bisa mencapai 80-90 kg. Jika dibandingkan dengan kambing perah lokal, presentase daging pada kambing jenis ini jauh lebih tinggi yaitu mencapai 40-50% dari bobot tubuhnya.

Harga Kambing Boer

Harga kambing boer asli alias full blood dewasa berkisar antara 3 sampai 5 jutaan. Harga ditentukan oleh kualitas kambing tersebut. Meskipun lebih mahal dari kambing jenis lainnya, tapi kambing jenis ini banyak peminatnya. Sayangnya, kambing jenis ini masih cukup langka di pasaran. 

Banyak orang yang memilih boer untuk digunakan sebagai kambing pedaging. Pasalnya, seperti yang kita tahu kambing ini dapat menghasilkan daging yang melimpah. Hal ini tentu sebanding dengan berat badannya yang bisa mencapai 154 kg.

Ada banyak cara untuk membeli kambing jenis boer ini. Metode yang paling umum adalah membeli di pasar hewan atau peternak kambing tepercaya seperti Pucuk Daun Lestari.  Mengenai kualitasnya, jangan ditanya. Di sana sudah tersedia berbagai jenis kambing unggulan yang diternak langsung oleh ahlinya. Pesan sekarang dan dapatkan kambing boer unggulan.

2 komentar untuk “Ciri Dan Harga Kambing Boer Lengkap”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top