Jenis-Jenis Domba yang Populer di Indonesia

Jenis-jenis domba yang populer di Indonesia- Tertarik untuk membeli domba, tapi belum tahu jenis mana yang paling tepat untuk dibeli? Mari kita coba kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya. Di Indonesia, ada cukup banyak jenis-jenis domba yang dapat dipilih untuk berbagai kebutuhan. Selain sebagai penghasil daging, domba juga dimanfaatkan sebagai penghasil susu dengan jumlah yang cukup banyak.

Jenis-Jenis Domba yang Populer di Indonesia

1. Domba Texel Wonosobo

Jenis yang pertama yaitu domba texel Wonosobo. Domba yang juga sering disebut dombos ini memiliki ciri yang sangat mudah untuk dibedakan dengan jenis lainnya. Dombos diselimuti oleh bulu yang lebat, halus, dan keriting. Bulu tersebut menyelimuti seluruh tubuhnya, kecuali bagian perut. Postur tubuh domba ini cenderung lebih tinggi, besar, dan panjang dengan bentuk ekor yang relatif kecil.

Selain itu, domba Wonosobo ini juga merupakan domba penghasil unggulan karena bobotnya bisa mencapai 100 kg untuk jenis jantan, dan 80 kg untuk jenis betina. Produktivitas domba ini pun terhitung sangat baik, ia sudah mampu berkembang biak sejak umurnya 15 bulan dan perkembangbiakan berikutnya setiap 8 bulan.

2. Domba Garut/Priangan

Jenis domba yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis unggulan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, domba ini bisa kita temukan di daerah Garut, Jawa Barat. Tentu bukan tanpa sebab hewan ini menjadi primadona di Indonesia. Alasannya yaitu karena perawakannya cukup besar, memiliki tanduk yang tajam dan melengkung kuat ke belakang hingga membentuk spiral. Ciri-ciri ini umumnya dimiliki oleh domba garut jantan.

Sementara itu, domba garut betina umumnya tidak memiliki tanduk yang besar dan memiliki telinga yang lebih kecil terletak di belakang tanduk. Umumnya, domba ini sering dipilih untuk diadukan pada pesta kebudayaan. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan sebagai domba daging.

3. Domba Batur Banjarnegara

Berikutnya, domba batur Banjarnegara. Domba yang juga sering disebut domas ini merupakan hasil persilangan anatra domba ekor tipis dengan domba Suffolk dan domba texel. Dari hasil persilangan tersebut, terlahir spesies baru dan diberinama Domba Batur atau Dombos oleh masyarakat Banjarnegara.

Untuk ciri-cirinya, domba ini memiliki bentuk kaki lebih pendek dengan ukuran tubuh yang relatif besar dan panjang. Bobotnya bahkan bisa mencapai 90-140 Kg per ekor untuk jantan, dan 60-80 Kg untuk betina.

Baca juga: Jual Kambing Qurban Tegal

4. Domba Ekor Gemuk

Sesuai dengan namanya, domba ekor gemuk terkenal dengan ekornya yang relatif lebih besar dan gemuk. Umumnya, domba ini bisa kita temukan di daerah Jawa Timut, Madura, Sulawesi, Lombok, dan Nusa Tenggara Barat.

Domba ekor gemuk cenderung memiliki ekor yang tebal, bulu berwarna putih, dan umumnya tidak memiliki tanduk. Domba ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai pengahasil daging oleh masyarakat.

5. Domba Ekor Tipis

Hewan yang juga sering disebut dengan domba gembel ini dikenal sebagai domba lokal asli dari Indonesia. Perkembangannya pun terhitung cukup pesat. Awalnya, domba ini hanya berkembang di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat saja. Kini, Anda bisa menemukan jenis ini di seluruh Indonesia.

Domba ini khas dengan perawakannya yang cenderung lebih kecil. Bobotnya pun hanya sekitar 30-40 Kg untuk jantan, dan 15-20 Kg untuk betina. Domba jantan ditandai dengan tanduk yang melingkar, sementara domba betina tidak memiliki tanduk.

Domba gembel sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pennghasil daging. Selain itu, produktivitasnya pun cukup tinggi. Pasalnya, dalam satu kali berkembangbiak domba ini mampu melahirkan 2-5 ekor anak.

Setelah mengetahui beberapa jenis domba di atas, semoga Anda tidak akan salah dalam memilih jenis mana yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Jika membutuhkan informasi yang lebih detail, Anda bisa menghubungi Pucuk Daun Lestari. Kami menyediakan berbagai pilihan domba untuk aqiqah, selamata, domba bakalan, hingga kurban.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top