Jenis Kambing Pedaging Unggul Yang Cocok Diternak

Jenis Kambing Pedaging Unggul Yang Cocok Diternak – Ternak kambing menjadi salah satu usaha yang diminati masyarakat, terutama jenis kambing pedaging unggul. Bukan tanpa alasan, jenis ternak satu ini memiliki mangsa pasar yang cukup besar.

Meskipun dari segi pemeliharaan tidak mudah, para peternak mengaku ternak kambing memiliki keuntungan yang besar apabila dapat mengelolanya dengan baik. Mengingat kebutuhan masyarakat akan daging kambing cukup tinggi, terutama pada hari-hari besar seperti Idul Adha.

Jenis Kambing Pedaging Unggul Yang Cocok Diternak

Jenis Kambing Pedaging Unggul yang Cocok Diternak

Keuntungan Ternak Kambing

Berternak hewan kambing tidaklah memerlukan modal yang besar, apalagi jika anda tinggal di pedesaan. Tentu akan sangat mudah untuk mendapat sumber pangan dari ternak kambing. Anda bisa mendapat sumber pakan dari hutan secara gratis. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan para peternak.

Jika Anda juga tertarik untuk memulai usaha ternak kambing, pastikan memilih jenis kambing pedaging unggul yang bisa menghasilkan daging berkualitas. Artikel ini akan menyajikan informasi seputar jenis kambing pedaging. Pastikan anda membaca sampai habis ya.

Empat Jenis Kambing Pedaging Unggul

Sebagai hewan ternak, kambing memiliki banyak jenis yang berbeda. Seorang peternak harus tahu mengenai jenis kambing mana yang cocok dijadikan ternak agar dapat memberikan keuntungan karena setiap jenis kambing memiliki keunggulan dan cara perawatannya tersendiri. Oleh sebab itu, hal ini harus diperhatikan dengan benar agar tidak salah memilih jenis kambing. Nah, apa saja sih jenis kambing pedaging yang cocok diternak? Berikut informasinya.

1. Kambing Etawa

Jenis kambing pedaging unggul yang pertama adalahetawa. Hewan ternak yang berasal dari India ini mampu memproduksi susu dalam jumlah banyak. Jenis kambing etawa juga biasa dijadikan hewan qurban saat hari raya Idul Adha.

Etawa sangat cocok dijadikan ternak karena memiliki kualitas daging yang baik dan juga termasuk ke dalam jenis kambing penghasil susu. Serta bisa memiliki bobot mencapai 91 kg untuk kambing jantan dan 120 kg untuk kambing betina.

Jenis kambing yang memiliki nama lain jamnari ini, ternyata juga sudah populer di Indonesia sejak tahun 1930-1947. Ciri-ciri etawa adalah memiliki telinga panjang yang cekung kebawah dan perawakan yang besar.

2. Kambing Kacang

Kambing kacang masuk ke dalam salah satu jenis kambing pedaging yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Meskipun memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar, kambing kacang nyatanya memiliki daya tahan tubuh yang kuat, lho. Ini menjadi alasan mengapa kambing kacang sangat cocok diternak.

Dengan sistem ketahanan tubuh yang tinggi, maka hewan ternak ini tidak mudah sakit sehingga meminimalisir biaya perawatannya. Ciri- ciri kambing kacang memiliki bulu warna putih yang tipis, dengan kombinasi warna coklat dan hitam serta ukuran kepala yang kecil.

Baca juga: Jual Kambing Qurban Tegal

3. Kambing Boer

Kambing boer merupakan jenis kambing pedaging yang berasal dari Afrika Selatan. Kambing ini memiliki keunggulan, yakni pertumbuhannya yang cenderung lebih cepat dibanding jenis kambing lainnya.

Ciri-ciri hewan ternak ini bisa dikenali dari bentuk badannya yang panjang dan lebar. Serta memiliki kaki yang pendek. Kambing boer jantan bisa memiliki bobot mencapai 150 kg, dan 90 kg untuk kambing betina. Kambing ini memiliki warna bulu putih kombinasi coklat muda dan hidung yang menggantung panjang ke bawah.

4. Kambing Jawa Randu

Terakhir, adalah kambing Jawa Randu. Jenis kambing pedaging ini merupakan hewan ternak hasil persilangan antara kambing peranakan etawa dengan kambing kacang. 

Ciri tubuh kambing Jawa Randu hampir sama dengan kambing kacang, tapi ukurannya lebih besar. Jawa Randu mampu memproduksi susu mencapai 1,5 liter per harinya. Serta perkembangan tubuhnya jauh lebih cepat dibanding kambing kacang.

Itulah beberapa informasi terkait jenis kambing pedaging unggul yang cocok diternak. Anda bisa memilih salah satunya untuk memulai usaha ternak kambing. Tentunya bisnis ini akan sangat menguntungkan, apabila Anda mengelolanya dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top