Jenis Pakan Ternak Terbaik

Jenis Pakan Ternak Terbaik – Kegiatan beternak memang bukanlah suatu hal yang mudah. Kegiatan ini membutuhkan pengatahuan dan pengalaman yang mumpuni, salah satunya tentang jenis pakan terbaik untuk hewan-hewan ternak. Dengan memilih pakan terbaik, kita dapat memaksimalkan pertumbuhan dan produktivitas dari hewan-hewan tersebut sehingga peternakan Anda bisa berkembang dengan lebih baik.

5 Jenis Pakan Ternak Terbaik

Jenis pakan ternak terbaik

Terlepas dari peternak ulung ataupun pemula, pengetahuan mengenai pakan terbaik ini harus diketahui dengan baik. Untuk itu, dalam artikel ini akan kami bagikan beberapa jenis dari pakan ternak terbaik yang bisa Anda pilih.

1. Pakan Kasar

Pakan hewan ternak ini merupakan pakan dengan volume yang besar tetapi memiliki berat yang rendah untuk setiap unit volumenya. Beberapa makanan yang termasuk ke dalam pakan kasar umumnya berasal dari pakan hijauan seperti:

  • Rumput, termasuk rumput tanaman, rumput ginting, rumput lapangan, rumput benggala, rumput kolonjo, dan rumput tuton
  • Daun Leguminos
  • Sisa panen, seperti jerami padi, jerami jagung, jerami kedelai, dan jerami kacang tanah

Pakan hijauan yang baik seharusnya mengandung protein kasar sebanyak 20% total bahan kering seperti kacang-kacangan. Sementara itu, pakan dari hasil sisa panen seperti jerami hanya mengandung protein kasar sekitar 3-4% bahan kering. Namun, pakan ini tetap dibutuhkan untuk hewan ternak ruminansia karena serat kasar yang tinggi dibutuhkan untuk merangsang rumen serta menentukan kadar lemak susu.

2. Pakan Penguat

Jenis pakan berikutnya yaitu pakan konsentrat. Pakan ini merupakan bahan pakan ternak yang diberikan dengan bahan pakan ternak lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan kandungan gizi dari pakan tersebut.

Konsentrat merupakan pakan ternak dengan kandungan serat kasar yang rendah, yakni kurang dari 18%. Ada dua jenis konsentrat yang bisa Anda pilih, yaitu konsentrat pengahasil protein dan konsentrat penghasil energi.

Pakan konsentrat penghasil energi yaitu konsentrat dengan kadar protein di bawah 20%. Sementara itu, konsentrat penghasil protein yaitu konsentrat dengan kadar protein lebih dari 20%.

3. Pakan Fermentasi

Makanan ternak yang satu ini merupakan hasil proses amoniasi atau peragian. Tujuannya yaitu untuk memaksimalkan proses pengawetan kandungan gizi pada pakan hijauan atau pakan lainnya. Karenanya, pakan tersebut dapat disimpan untuk waktu yang lebih lama. Dengan menggunakan metode ini, proses penyediaan pakan ternak bisa menjadi lebih efisien. Adapun ciri-cir dari pakan fermentasi yaitu adanya peningkatan suhu, perubahan warna, dan tekstur pakan menjadi lebih empuk atau lapuk.

Ingin beli kambing qurban murah? Kunjungi: Pucuk Daun Lestari: Jual Kambing Qurban Murah

4. Mineral

Zat mineral atau zat-zat garam tentu akan sangat dibutuhkan oleh hewan ternak, khususnya hewan ternak perah. Zat ini diantaranya seperti Kalsium, Kalium, Zat Besi, Fosfat, Natrium, Magnesium, dan lain sebagainya. Tambahan mineral ini dibutuhkan sebagai tambahan nutrisi dari pakan ternak. Meskipun begitu, ada beberapa bahan makanan yang sudah mengandung mineral yang cukup sehingga penting untuk seorang peternak mengetahui kadar dari pakan yang diberikan.

5. Vitamin

Hewan ternak sangat membutuhkan vitamin untuk mengoptimalkan proses petumbuhannya. Selain itu, nutrisi ini juga sangat berguna untuk menjaga fungsi alami tubuh hewan ternak. Vitamin yang dibutuhkan oleh hewan ternak yaitu Vitamin yang larut dalam air seperti Vitamin B kompleks, B6, B12, kholin, inondol, biotin, dan niacin.

Selain itu, hewan ternak juga membutuhkan Vitamin yang larut dalam lemak seperti Vitamin D, A, E dan K. meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang relatif sedikit, kebutuhan nutrisi ini tetap tidak boleh diabaikan.

6. Pakan Tambahan

Pakan yang satu ini merupakan makanan tambahan di luar dari makanan pokok hewan ternak. Makanan ini bisa berupa produk yang tidak bernutrisi, tapi bermanfaat untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit, atau menyembuhkan hewan ternak. Pakan yang dimaksud di sini yaitu seperti obat cacing, antibiotik, anti toksin, hormon, dan lain-lain.

Jika telah sampai pada kalimat ini, tandanya Anda sudah mengetahui apa saja jenis pakan terbaik untuk hewan ternak. Jika Anda sedang mencari tambahan hewan ternak seperti domba dan kambing, mungkin Pucuk Daun Lestari bisa membantu. Segera hubungi kami jika Anda membutuhkannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top