Kambing Kacang, Jenis kambing Pedaging Unggul

Kambing kacang atau kambing Jawa merupakan salah satu jenis kambing pedaging unggul yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Kambing cukup laris di pasaran karena memiliki rasa yang lebih lezat dan berlemak. Selain itu, badan kambing kacang juga tampak lebih berisi meskipun tidak sebesar kambing boer.

Kambing Kacang, Jenis kambing Pedaging Unggul

Kambing Kacang, Jenis kambing Pedaging unggul

Ciri-Ciri Kambing Kacang

Sebagai salah satu jenis kambing pedaging unggul asli dari Indonesia, kambing Jawa ini memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dengan jenis kambing lainnya. Temukan beberapa cirinya dalam poin-poin berikut.

  • Memiliki tubuh yang lebih pendek dan kecil.
  • Tinggi badannya berkisar pada 55-60 cm.
  • Ukuran telinga yang panjang dan menggantung.
  • Leher cenderung pendek dan punggungnya tampak melengkung.
  • Bagian tubuh belakang terlihat lebih tinggi dari bagian tubuh depan.
  • Jantan ataupun betina, keduanya sama-sama memiliki tanduk yang bentuknya menyerupai pedang melengkung ke arah belakang.
  • Bobot kambing jantan dewasa bisa mencapai 25kg, sementara kambing kacang betina hanya mencapai 20 kg saja.
  • Tubuh kambing kacang umumnya memiliki 3 warna, yaitu putih, hitam, coklat, atau bisa juga campuran dari ketiga warna tersebut. 
  • Seluruh tubuh memiliki bulu yang cenderung pendek, kecuali pada bagian ekor dan dagu.
  • Kambing jantan memiliki ciri khas yaitu memiliki surai panjang dan kasar pada bagian garis leher, pundak, punggung, dan ekornya.

Pemeliharaan Kambing Kacang

Daerah Jawa merupakan daerah pertama yang mengbangbiakan kambing kacang ini dengan skala yang besar. Jenis kambing pedaging unggul ini memang jenis asli yang bisa Anda temukan di wilayah Malaysia dan Indonesia. 

Dulu, proses pemeliharaan kambing ini dilakukan dengan menggembalakan kambing tersebut di padang rumput. Namun, kini pemeliharaan kambing sudah lebih teratur dan terawat. Peternak sudah menggunakan kandang permanen dan semi permanen untuk merawat kambing.

Kelebihan Kambing Kacang

Menjadi salah satu kambing pedaging unggul di Indonesia, tentu kambing kacang juga memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan. Adapun keunggulannya yaitu sebagai berikut.

1. Tahan terhadap iklim Indonesia

Merupakan jenis kambing asli dari Indonesia, tentu saja membuat kambing kacang tahan terhadap segala cuaca yang ada di Indonesia. Mereka juga cukup terbiasa dengan kondisi pakan yang tumbuh di area sekitar seperti jerami dan rumput.

2. Produktif

Jenis kambing yang sering disebut kambing Jawa ini ternyata memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Mereka dapat kawin mulai dari usia 8 bulan dan dapat melahirkan dengan mudah. 

Dalam kurun waktu 2 tahun saja, kambing ini bisa melahirkan hingga 3 kali. Dalam kelahiran tersebut, presentasi memiliki anak kembar 2 yaitu 52%, dan kembar 3 2,6%. Artinya, jika proses kelahirannya lancar, Anda bisa mendapatkan 6 ekor kambing dalam 2 tahun.

3. Cara perawatan yang mudah

Kambing kacang sangat mudah untuk dirawat. Pasalnya, kambing ini menyukai jenis pakan apa saja, termasuk sisa hasil pertanian seperti jerami. Hanya saja, pejantan kambing kacang memiliki sifat yang agresif sehingga mudah berkelahi saat digembalakan di alam liar.

4. Tidak mudah sakit

Kambing Jawa ini juga termasuk hewan ternak yang cukup tanggung. Mereka tidak mudah terkena penyakit, virus, atau kuman. Ini karena kambing kacang Jawa ini sangat aktif bergerak. Meskipun demikian, Anda tetap perlu menjaga kebersihan kandang kambing ini.

5. Banyak Peminatnya

Untuk Anda yang berminat untuk membuka usaha ternak kambing, jenis kambing Jawa ini bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kambing ini memiliki penggemar yang cukup banyak sehingga sudah pasti banyak dicari oleh masyarakat.

Sampai sini, kita telah mengenal jenis kambing pedaging unggul asli dari Indonesia, yaitu kambing kacang atau kambing Jawa. Anda juga bisa melihat jenis kambing lainnya di Pucuk Daun Lestari. Di sana, tersedia berbagai jenis kambing dan domba berkualitas untuk berbagai kebutuhan. Tidak usah sungkan, hubungi adminnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top