Mengenal Jenis Kambing Boer

Mengenal Jenis Kambing Boer – Memiliki karakteristik lucu, ramah, dan dikenal dengan julukan “raksasa lembut” adalah ciri dari jenis kambing boer. Meskipun kambing ini sempat dijadikan sebagai penghasil daging, kini jenis kambing ini banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan keluarga.

Tidak heran memang, karena kambing ini menawarkan sejumlah keuntungan. Menurut sebuah informasi, kambing boer memiliki mothering ability yang baik sehingga rata-rata anaknya bisa tumbuh dewasa dengan sehat. Ingin tahu lebih jauh tentang kambing ini? Mari simak artikel ini sampai akhir.

Mengenal Jenis Kambing Boer

1. Karakteristik Kambing Boer

Kambing boer sangat mudah dikenali, ia memiliki karakteristik tubuh yang panjang, lebar, berbulu putih, kakinya pendek, hidungnya cembung, memiliki telinga panjang menggantung, dan memiliki warna kepala coklat kemerahan, coklat muda, hingga coklat tua.

Beberapa kambing boer memiliki corak putih pada bagian depan wajahnya. Warna kulitnya yang berwarna coklat ini akan melindunginya dari kanker kulit akibat sinar matahari. Pasalnya, kambing ini sangat suka berjemur pada siang hari.

Umumnya, kambing boer mampu bertahan pada suhu lingkungan yang ekstrem, yaitu mulai dari suhu dingin sekitar -25 derajat celcius hingga suhu yang sangat panas sekitar 43 derajat celcius. Kambing ini juga cenderung lebih tahan terhadap penyakit.

2. Ciri Kambing Jantan

Untuk jenis kambing boer jantan memiliki tubuh yang sangat kuat. Pundaknya luas dan memiliki pantat yang berotot. Selain itu, mereka juga cenderung memiliki bau yang lebih tajam guna memikat betina.

Boer jantan dapat dikawinkan pada bulan apa saja sepanjang tahun. Ia dapat aktif bereproduksi mulai dari usia 7-8 bulan. Akan tetapi, disarankan agar pejantan tidak melayani lebih dari 8-10 betina hingga ia berusia satu tahun.

3. Ciri Kambing Betina

Kambing boer betina memiliki penampakan yang lebih feminim. Kepala dan lehernya akan tampak lebih ramping. Selain itu, ia juga sangat jinak dan jarang banyak berulah. Kambing betina dapat mulai dikawinkan pada usia 10-12 bulan, tergantung pada besar tubuhnya.

Umumnya, kambing ini akan hamil selama 5 bulan dan mampu melahirkan anak sebanyak tiga kali dalam 2 tahun. Untuk betina usia 1 tahunan, mampu menghasilkan 1-2 anak. Namun, untuk kehamilan berikutnya ia bisa beranak hingga 4 ekor kambing.

Cara Ternak Kambing Boer

Jika Anda tertarik untuk beternak kambing boer, simaklah beberapa caranya yang akan kami sajikan dalam poin-poin di bawah ini.

1. Siapkan Lahan

Lahan paling ideal untuk beternak kambing boer yaitu lahan yang memiliki sinar matahari yang cukup. Selain itu, pastikan lokasi tersebut tidak tergenang air dan jauh dari pemukiman.

2. Bangun Kandang yang Memadai

Pada saat membangun kandang kambing boer, sebaiknya gunakan kandang dengan sistem terkoleksi. Sistem ini akan memisahkan area tinggal hewan dengan tempat penampungan feses dan urinnya. Dengan sistem terkoleksi, kambing boer tidak akan mudah terkena penyakit dan peternak bisa mengelola limbahnya dengan lebih mudah.

3. Pilih Bibit Unggulan

Bibit jenis kambing boer berkualitas ditandai dengan ciri kaki yang besar dan kuat, tetapi tidak gemuk. Selain itu, kambing dalam kondisi sehat dan tidak memiliki cacat, bulunya pun terlihat bersih dan mengkilap.

4. Berikan Pakan Terbaik

Kambing boer sangat suka dengan pakan hijauan seperti daun nangka, daun lamtoro, dan sebagainya. Peternak bisa memberi pakan hijauan kering dengan porsi 3% dari bobot kambing tersebut. Sementara itu, jika pakannya basah peternak bisa memberinya dengan berat 10-15% dari bobot tubuh kambing boer.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan, Anda juga bisa memberinya konsentrat seperti tepung ikan, dedak, atau bungkil kedelai. Selain itu, berilah minum sebanyak 1,5-2,5 liter per harinya.

Kini Anda sudah mengenali jenis kambing boer. Jika sedang membutuhkan kambing untuk berbagai kebutuhan, Anda bisa menghubungi Pucuk Daun Lestari. Di sini, tersedia berbagai jenis kambing untuk berbagai kebutuhan seperti aqiqah, kurban, dan lain-lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top