Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

Resep Sate Kambing Bumbu Kacang – Sate Kambing biasanya diolah menggunakan bumbu kecap yang telah diracik khusus. Berbeda dengan sate ayam yang biasa diolah dengan bumbu kacang. Hal ini dikarenakan, bumbu kecap lebih mudah meresap ke daging kambing yang memiliki serat tebal.

Akan tetapi, olahan sate daging kambing bumbu kacang juga tidak kalah enak dari bumbu kecap. Meski jarang ditemukan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan resep yang akan kami bagikan. Maka dari itu, simak artikel ini sampai habis ya.

Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

Membuat sate kambing dengan olah bumbu kacang hampir mirip dengan sate ayam. Namun, ada beberapa tips tambahan agar bumbu tersebut meresap sampai ke dalam daging kambing. Penasaran apa saja resepnya? Berikut informasi yang kami sajikan.

Persiapan Bahan Bumbu Sate

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu sate atau sambal kacang sate yang enak ada beberapa macam, yaitu:

  • Kacang 600 gram 
  • Tiga batang serai
  • Dua buah gula merah kecil 
  • Bawang putih 16 siung 
  • 6 butir kemiri 
  • 18 gram cabai, bisa disesuaikan sesuai selera anda aja pedasnya ya. Bisa juga menggunakan cabe keriting
  • Daun jeruk purut delapan lembar 
  • Jeruk Limo 
  • 2 Jahe, bisa ditambah sesuai selera 
  • Lengkuas 3 
  • Minyak goreng dan air nanti secukupnya juga 
  • Garam secukupnya

Tips Membuat Sate Daging Kambing Bumbu Kacang Sedap dan Gurih

Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, mari kita eksekusi semua bahan tersebut menjadi sebuah hidangan sate yang nikmat. Berikut langkahnya!

1. Siapkan Penggiling Kacang

Langkah pertama, siapkan alat untuk menggiling kacang, atau bisa juga kacang tersebut di blender jika Anda tidak memiliki alat penggiling. Anda juga bisa menggunakan alat pengahalus lain, yang bisa digunakan untuk meracik kacang.

2. Goreng Kacang

Nyalakan api, lalu tunggu minyaknya panas lalu goreng kacangnya. Jangan lupa aduk-aduk terus ya, agar kacang matang merata dan tidak gosong. Goreng sampai tercium bau harum. Jika kacang sudah matang dan berbau harum, angkat dan tiriskan.  Tunggu kacang goreng tersebut menjadi dingin baru dihaluskan agar tidak merusak mesin blender.

3. Goreng Semua Bumbu

Goreng semua bumbu seperti bawang putih, cabe rawit, kemiri sampai wangi. Tujuannya, agar semua bumbu matang merata dan menciptakan rasa gurih yang khas untuk bumbu sate kacang. Setelah wangi, angkat dan tiriskan semua bumbu. Jika sudah ditiriskan dan dirasa sudah dingin, haluskan kacang beserta bumbu lain yang sudah digoreng. Bisa menggunakan blender maupun penggerus seperti ulekan.

4. Cara Memasak Sate Daging Kambing Bumbu Kacang

Rebus air 1 bersama dengan serai, lengkuas, dan juga jahenya.  Untuk pewangi saja, tambahkan juga jeruk Limo. Setelah rebusan tersebut mendidih, tambahkan kacang yang sudah dihaluskan sampai nanti menjadi bumbu atau menjadi sambal sate.  Aduk-aduk dan masak sampai menyusut airnya, lalu masukkan gula merah dan juga garam secukupnya.

Anda bisa coba rasanya, jika kurang garam bisa ditambah garam lagi dan boleh juga ditambahkan bumbu penyedap ya. masak terus dengan api sedang, dan jangan lupa di aduk aduk terus supaya bumbu yang ada di bawahnya tidak gosong. Jika bumbu sate daging kambing sudah matang berbentuk menyerupai rempah, kecilkan api agar tidak gosong.

Setelah matang bumbu sate daging kambing akan berbau harum maknyus serta mengeluarkan minyak yang tandanya siap disajikan. Jangan lupa simpan bumbu kacang di freezer sehingga bisa tahan lebih lama. Jika ingin digunakan tinggal dipanaskan saja menggunakan kompor maupun microwave.

Tips agar bumbu sate kambing tidak terlalu berminyak, Anda bisa menguranginya menggunakan sendok. Kemudian dipisah ke wadah lainnya. Sate daging kambing Anda pasti akan terasa lebih nikmat lagi jika menggunakan daging dari kambing terpilih dan berkualitas dari Pucuk Daun Lestari. Pesan dan pilih kambing tergemuk untuk hidangan sate yang lezat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top