Tips Membudidayakan Kambing Boer

Tips Membudidayakan Kambing Boer – Banyak peternak yang membudidayakan berbagai jenis kambing, kambing boer menjadi salah satunya. Hewan yang berasal dari Afrika Selatan ini, memiliki ciri yang khas dan mudah dikenali.  Tidak seperti kambing lainnya, kambing ini memiliki tubuh yang lebar dan rambut panjang berwarna putih. 

Selanjutnya, kakinya sedikit lebih pendek, dengan hidung cembung, telinga panjang yang menggantung, memiliki garis putih di tengah wajah, dan kepala berwarna. Kulit cokelat ini melindunginya dari kanker kulit yang disebabkan oleh sinar matahari langsung sehingga tidak heran jika kambing ini senang berjemur di siang hari.

Tips yang Harus Diperhatikan dalam Membudidayakan Kambing Boer

Karena pertumbuhannya yang cepat, kambing boer juga dikenal sebagai kambing pedaging terbaik. Kambing ini bisa mencapai berat 35-45 kg saat berumur lima sampai enam bulan. Selain itu, presentase daging pada karkas kambing ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kambing lokal yaitu mencapai 40-50% dari bobot tubuhnya. Dengan demikian, tidak heran jika banyak peternak yang tertarik untuk membudidayakan boe. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membudidayakan kambing jenis boer, diantaranya sebagai berikut.

1. Bibit

Jika tujuan pemeliharaan kambing boer adalah untuk budidaya, tentu Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor. Saat memilih kambing jantan, pastikan tubuhnya sehat yang ditandai dengan ciri berbadan besar, bulu bersih mengkilap, tubuh panjang, kaki lurus, tidak cacat, penampilan gagah, nafsu makan baik, mudah ereksi, dan testisnya normal (2 buah, ukuran sama dan kenyal).

Hal ini juga berlaku pada saat Anda memilih bibit dari kambing betina. Bibit boer betina yang unggul bisa dilihat dari ciri sebagai berikut:

  • Tidak terlalu gemuk
  • Tidak cacat
  • Bulunya bersih dan mengkilap
  • Alat kelamin normal
  • Memiliki sifat keibuan (mengurus anak dengan baik)
  • Ambing normal, ditandai dengan ciri halus, kenyal, tidak terinfeksi atau bengkak
  • Berasal dari anak kembar

2. Kandang

Untuk kendangnya sendiri, sebaiknya diusahakan agar dibuat menghadap ke arah Timur. Ini merupakan salah satu syarat yang harus Anda penuhi. Anda bisa membuat kendang boer dari bahan yang kuat agar lebih awet dan aman untuk ditempati kambing. Selain itu, pastikan kendang tersebut memiliki ventilasi yang baik

Ingin budidaya kambing boer? Kunjungi Pucuk Daun Lestari

3. Pakan

Sebenarnya, pakan kambing lebih sederhana dan lebih beragam. Anda bisa memberinya pakan ternak berupa dedaunan atau rumput hijau. Kambing menyukai berbagai jenis rumput, limbah pertanian, dan daun pohon. Namun, untuk mencapai hasil budidaya yang optimal, sediakan pakan dengan kandungan gizi yang seimbang. 

Rumput merupakan sumber energi dengan kandungan protein yang sedikit. Umunya, jenis rumput yang paling sering diberikan yaitu rumput lapang. Namun, Anda juga bisa memberikan rumput budidaya, seperti rumput setaria, brachiaria, clitoria ternatea, dan lain-lain. 

Selain rumput, limbah pertanian seperti kulit dan daun singkong, daun pepaya, batang kangkung, daun jagung, dan jerami padi dapat digunakan sebagai pakan boer.

4. Penyakit

Penyakit cacingan merupakan penyakit yang umum menyerang kambing. Bukan hanya pada boer, tetapi juga kambing lainnya. Umumnya, disebabkan oleh cacing parasit dari kelas cacing gelang, cacing pipih dan cacing pita. Agar kambing terhindar dari berbagai jenis penyakit, coba lakukan hal berikut:

  • Jaga kandang tetap bersih dan kering
  • Membuang kotoran ternak, sampah, dan sisa pakan jauh dari lokasi kandang atau dijadikan kompos
  • Jangan menggembalakan kambing di pagi hari atau di satu tempat (memindahkannya)
  • Jangan memberi makan kambing dengan rumput berembun

Demikian pembahasan kambing boer serta tips budidayanya. Jika Anda sedang mencari tempat penyedia kambing dan bakalan kambing, mungkin bisa coba mencarinya di Pucuk Daun Lestari. Sebagai penyedia kambing berkualitas dengan harga terbaik, Pucuk Daun Lestari siap melayani keperluan Anda. Kambingnya langsung dipilihkan oleh ahlinya, lho!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top