Tips Mengolah Sate Kambing Menjadi Empuk

Tips Mengolah Sate Kambing Menjadi Empuk – Sate kambing menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia dengan khas gurih dan aromanya. Namun, daging kambing memiliki serat yang lebih tebal dibandingkan dengan daging ayam. Serta memiliki bau khas kambing yaitu bau prengus.

Anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan tersebut. Karena Artikel ini akan berbagi tips bagaimana sih cara membuat sate daging kambing yang enak empuk dan tidak bau. Intip yuk, tips mengolah sate daging kambing menjadi empuk dan tidak bau prengus.

Tips Mengolah Sate Kambing Menjadi Empuk

Tips Mengolah Sate Kambing menjadi Empuk

1. Pemilihan Daging

pemilihan daging menjadi faktor penting yang menentukan keempukan sate daging kambing nantinya. Untuk pemilihan daging pilih kambing betina yang masih berusia di bawah lima bulan. Mengapa harus kambing betina? Alasannya, betina memiliki serat yang lebih halus dan memiliki kandungan lemak yang lebih banyak sehingga lebih enak untuk diolah menjadi sate kambing.

Nah, pemilihan jenis daging kambing yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap keempukan sate, lho. Pembuatan sate lebih baik menggunakan daging kambing bagian paha atas atau paha belakang punggung, karena bagian ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut.

2. Potong Daging Ukuran Kecil

Untuk teknik pemotongan daging kambingnya, potong menjadi bentuk dadu ukuran kecil. Jika ukuran terlalu besar dan bebal maka akan sulit matang secara merata. Jangan lupa, untuk pemotongannya lihat alur serat berwarna putih pada dagingnya ya. Ikuti arah serat daging ketika memotongnya dan buang uratnya atau lapisan tipis yang berwarna putih pada daging kambing.

3. Tips Menusuk Daging Sate

Di dalam satu tusuk sate isi dengan tiga potong daging kambing, satu lemak dan satu potong hati. Tujuannya agar rasa dari daging kambing menjadi lebih gurih. Cara menusuk daging kambingnya adalah, letakkan emak ditengah agar tidak hangus terbakar. Beberapa penjual sate kambing mengklaim lebih baik jika daging kambing itu tidak, karena bisa membuat teksturnya jadi alot dan aromanya tidak sedap serta bisa merusak kualitas daging.

Tips Mengolah Daging Kambing Tidak Bau Prengus

Agar daging kambing tidak bau prengus bisa diberi bumbu seperti daun jeruk, bawang putih dan ketumbar. Lalu, rendam daging kambing dalam racikan tersebut. Selain mengurangi bau prengus, juga bisa jadi lebih gurih dan enak. atau bisa juga waktu membakar daging kambing diberi olesan bumbu seperti jahe, bawang putih dan kecap.

Untuk membuat daging menjadi empuk, bisa dengan menggunakan nanas. Nanas bisa dijadikan sebagai pengempuk dan bisa juga dengan dibungkus menggunakan daun pepaya sebelum dibakar. 

Caranya membakarnya, celupkan daging kambing ke dalam bumbu kecap atau air kaldu. Untuk pembakaran yang lebih baik lagi,  gunakan arang dari batok kelapa karena arang dari batok kelapa lebih panas dan suhunya bisa lebih stabil untuk membakar sate sampai matang. 

Jangan lupa untuk dibolak-balik ya. Nah. untuk penyajiannya sate daging kambing biasanya disajikan dengan, potongan tomat, bawang merah ,sambal cabai, atau potongan cabai bawang goreng dan jeruk limau.

Oke teman-teman, itu tadi tips cara membuat sate kambing yang enak, empuk, dan tidak bau prengus. Anda bisa menambah bumbu lain sesuai selera. Jangan lupa juga untuk memilih kambing terbaik agar hidangan sate semakin nikmat. Anda bisa memilihnya di Pucuk Daun Lestari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top